Rabu, November 14, 2012

Kedokteran VS IPS

Bismillahirrahmanirrahimm :)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Kali ini saya pengen bagi-bagi kisah saya waktu dulu belum dapat jurusan di SMA. Sebenarnya saya rada bingung juga sama gaya menulis saya yang ngga konsisten, kadang aku, gue, saya. Cuman ya jujur aja saya ngerasa nyamannya kalo pake bahasa rada anak muda gitu--tapi ngga mau juga pake 'gue elo' yang kesannya ngga sopan. Akhirnya saya putuskan buat pake gaya anak muda aja tapi pake kata 'saya' dan 'kamu'. Meski kesannya rada labil dan maksa--udah, yang baca nurut aja deh ya :P

Sejak dulu saya bercita-cita pengen jadi dokter. Sudah jadi tradisi turun-temurun di SMA saya sebelum masuk penjurusan pasti ada tes minat dan bakat. Waktu itu saya berada di kelas X-4. Saya sangat berharap bisa naik ke kelas XI-IPA, alasannya karena itu tadi--saya pengen jadi dokter.

Saat tes kali ini, saya ngga bisa ikut kolektif bersama semua angkatan kelas 10 karena saya harus mengikuti lomba nasional PIRNAS bersama kakak kelas saya di Yogyakarta. Akhirnya saya harus ikut tes susulan sendirian di ruang BK. Waktu itu saya gugup banget, entah karena faktor belum belajar untuk tes atau apa--saya jadi ngga bisa menyelesaikan soal dengan serius. Pas ngerjain soal logika matematika, saya masih bisa fokus. Tapi saat soal berganti ke mengisi kolum bilangan dan menjumlahkan, saya mulai frustasi. Mana ruangan BK nya panas banget. Saat guru BK saya menyalakan kipas angin, saya makin frustasi, karena saya orang yang ngga tahan kipas angin. Saya mulai sedih dan takut mengetahui hasil tesnya. Saya pengen kalo hasil tes nya itu adalah saya berbakat di IPA.

Seminggu kemudian udah ada pengumuman dari guru BK saya tentang hasil tes saya. Ternyata apa? TERNYATA APA? (sengaja ditegasin biar makin tegang) Hasil tes saya IPS. Saya sedihnya bukan main, bukan main artinya cuma nonton (?). Saya sedih banget karena saya takut kalo gara-gara tes itu saya ngga bisa masuk IPA. Akhirnya saya bawa aja sertifikat hasil tesnya ke rumah dengan nangis guling-guling (berlebihan, ngga kok :D) di depan mama. 
"Mama, hasil tes minat bakatnya IPS, gimana nih ma? Mungkin aja lah jadi dokter?" ratap saya di depan mama. 
"Udah, yang penting Ichi belajar aja yang rajin biar masuk IPA. Hasil tes nya dikalahin." Ucap mama. 

Bener juga apa kata mama, saya musti lebih giat belajar. Rasanya saya pengen bakar tu sertifikat, karena hasilnya sangat mengecewakan. Saya jadi malas menyimpan sertifikat itu di tempat yang biasanya saya menyimpan sertifikat-sertifikat penting. Waktu itu saya memutuskan menyimpannya di lemari dan di letakkan di paaaling pojok biar kesannya tuh dia adalah sertifikat yang paling saya isolir (kasian dia). 

Dua bulan sudah berlalu, saya disuruh guru BK saya menyerahkan fotocopy hasil tes minat bakat saya ke beliau, tapi saya kelupaan terus. Beberapa hari kemudian saya dengan mantap bawa sertifikatnya untuk difotocopy sepulang sekolah. Saat saya sedang berjalan di depan ruang BK, tidak sengaja bertemu guru BK saya. 
"Riski, gimana?" Ucap Ibu Anis. Ini pasti maksudnya fotocopy sertifikat itu. 
"Oh, iya bu, saya belum motokopi bu, tapi saya bawa kok sertifikatnya." ucap saya.
"Oh biar aja deh, ibu pinjam aja sertifikatnya ya, nanti kamu ambil aja ke tempat ibu." sahut Bu Anis.
"Wah, beneran bu ngga papa? Maaf banget ya bu, padahal rencananya saya pengen motokopi hari ini makanya saya bawa."
"Iya ngga papa."

(5 menit berlalu, saya ngambil sertifikatnya ke kelas, trus ngasih ke Bu Anis.)

"Bu, ini bu sertifikatnya, maaf banget ya bu." menyodorkan sertifikat.
"Oh, iya makasih ya, nanti ambil aja lagi ya."
"Iya bu, makasih bu."

Fyuh~, akhirnya saya ngga bisa ngeliat sertifikat itu lagi. Meski guru BK saya bilang nanti ambil aja lagi, saya berencana ngga mau ngambil sertifikat itu lagi selamanya. Biar aja disimpan sama ibunya. Tapi akhirnya saya sadar kalo sikap saya yang begini ngga bagus:
"Boleh jadi kamu benci sesuatu padahal ia baik bagimu dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia buruk bagimu. Allah MENGETAHUI sedang kamu tidak mengetahui …".(Al-Baqarah:216)

Nah, saya mulai ngga begitu berlebihan lagi kecewa dengan hasil tes saya. Tapi saya malah bersyukur. Meskipun saya tetap ngga ambil lagi dari tempat Bu Anis :D

***
 Saya tetap menjalani sekolah saya sambil riang gembira, cuman kadang-kadang ada kejadian yang bikin  saya keinget-inget lagi sama hasil tes itu--salah satunya setiap pelajaran bahasa jepang. Saya punya guru bahasa jepang yang gokil, ini salah satu faktor yang bikin saya galau lagi sama masa lalu (eyaa, maksudnya pengalaman tes itu). Waktu itu saya emang tipe orang yang semacam 'open person' kalo di kelas, sampai-sampai Sensei Wisnu bilang: "Kamu itu cocok banget ki jadi anak jurusan bahasa, pas banget sama kepribadian kamu."
"Ngga mau sensei, saya maunya mau IPA, saya pengen kuliah dikedokteran." ucap saya. 

***
Ujian Semester 2 pun berlalu, raport sudah di tangan. Gugup banget musti gimana. Saya buka perlahan raport saya, saya lihat bener-bener nilai saya. Pas saya lihat kolom bawah, ternyata saya masuk IPA! TERNYATA SAYA MASUK IPA! (sengaja ditegasin biar gempar satu kecamatan). Akhirnya jadilah saya bagian dari 11-IPA 4 SMAN 7 Banjarmasin. Alhamdulillah, saya masuk IPA. Jadinya saya bisa tenang. Meskipun begitu, perjuangan saya belum berakhir--saya harus ikut SNMPTN dan jalur-jalur lainnya dulu untuk bisa masuk kedokteran. Bener apa kata Allah:
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum   sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. (Q.S: Ar-Ra’ad:11)

Setelah saya menjalani sekolah hingga kelas XII, saya ikut acara bedah buku Al Qandas Al Kamil yang dilaksanakan di aula SMAN 7 Banjarmasin, waktu itu acaranya sekaligus acara tentang pengenalan FK UNLAM--karena kebetulan yang ngasih materi itu mahasiswa kedokteran. Beberapa diantaranya ada yang berasal dari SMAN 7 juga, ka Adityawarman yang dulu ketua OSIS SMAN 7. Beliau termasuk pembicara acara itu, lalu ada juga ka Furqon dan ka Zayed. Pas giliran ka Zayed ngasih materi, beliau ada bilang gini: "Sebenarnya saya bingung kenapa yang masuk kedokteran itu kok hampir semua bahkan semuanya dari jurusan IPA, padahal sebenarnya kerjaan kami ini ngehapal lho. Apa-apa ngehapal, jadi kayaknya tu yang bagus masuk kedokteran tu malah anak IPS kan ya." ucap beliau. Saya sih setuju ngga, ngga setuju juga ngga. Saya mendengar itu ya berharap aja hasil psikotes saya dulu bisa mendukung cita-cita saya masuk kedokteran--saya meng-aamiin-kan kalimat beliau. Habisnya saya sedikit minder dengan hasil sertifikat itu. Saya berencana berbagi cerita ini kalau saya sudah jadi mahasiswa kedokteran--dan akhirnya kesampaian. Sekarang saya berada di FK UNLAM Program Studi Kedokteran Gigi. Alhamdulillah ngga jelek-jelek juga sih dapat hasil tes minat bakat IPS.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari anda menambahkan hal positif bagi Zeki R.A.

Thanks for reading :)

Total Pageviews

ZEKI R.A.. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Small Pencil