Selasa, September 25, 2012

Galau Kodokteran

Bismillahirrahmanirrahimm :)


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Maha Suci Allah dan Maha Besar zat-Nya yang ngasih kesempatan gue buat nulis beberapa kalimat disini :) . ukhti dan akhi yang ngebaca moga Allah berikan ridho dan rahmat yang melimpah buat kalian. Tulisan ini cuman sekedar rangkaian bait yang bisa gue ketik buat nyari kelegaan. Waaahhhh lega. Dari setiap tulisan-tulisan gue, selebihnya adalah ngawur, setengahnya adalah gaje, dan sedetailnya hanyalah sebuah tulisan yang ditulis seorang muslimah yang sedang mengalami metamorfosis di bumi Allah, di sebuah tangkai rindang da’wah.

“Sebenarnya rencana gue pengen nulis pas gue udah keterima jadi mahasiswa pendidikan dokter (karena dulunya gue
pengen banget jadi dokter). Awalnya gue berkecil hati, gue punya cita-cita dan gue pengen banget ngegapai tuh cita-cita gue, gue takut banget kalo ga kesampaian tapi setelah gue baca buku nya Dokter Lesung Pipi (nama samaran) yang berjudul “Kegagalan yang sempurna” gue mulai mikir lurus.”

Gue liat temen gue pada frustasi, ada yang update status begini begini, ada yang sms curhat “Aduh kiii, temanku yang itu uda keterima di INI temanku yang ini udah keterima di ITU”, tau deh mereka kecapean karna mulu-mulu belajar, ikut tes, tertekan, dengan tambahan belum keterima di PTN yang diinginkan, ingat ya, “BELUM” , kalian cuman belum saatnya masuk PTN itu. Allah yang ngatur takdir kita bakal kerja apa, kuliah dimana, kitanya cuman berusaha dan berdoa. Gue ga bermaksud menggurui, dan dianggap sok tenang dengan hal ini, gue juga sedih ngeliat kalian yang sebenarnya malah ke-galau-an kalian  ini sebenarnya nular ke gue … STOP !! Please sikap kalian nularin kegalauan ga akan lagi mempan ama gue.

di sisi lain gue liat temen gue yang rela pulang pergi jawa-kalsel , jakarta-kalsel cuman buat ikut tes terus-terusan, buat gapai cita-citanya jadi mahasiswa kedokteran. Dan Subhanallah dia bilang ke gue “Aku ga akan nyerah ki, malah bikin gue percaya Allah tu Maha Mengatur Kedokteran, yekan?”
Sekarang saatnya metamorfosis, kita harus move on. Gimanapun caranya jangan pernah menyerah. Kadang emang pahit rasanya kalo tau rezeki kita bukan di universitas itu, fakultas itu, atau program studi itu. 

Kepahitan ini bikin kita galau. Orang galau tu ya bermacam-macam jenisnya. Ada yang galaunya dia tu sebenarnya galau tapi ga sadar kalo dia lagi galau. Nah pas masalah dia udah memuncak, baru deh dia galau. Trus ada juga orang galau tapi kegalauannya cepet banget ilang dan keganti dengan aktifitas-aktifitas baru—dan yang terakhir, ini adalah galau yang musti diwaspadai yaitu galau berkepanjangan. Galau yang begini ini ga bagus, karena rentan menularkan galau ke orang lain. Galau kok dibagi-bagi.

“Emang galau gaboleh dibagi?”

“Emang galau dosa ya?”

Eits, tunggu dulu. Trus, orang yang galau itu sedang dalam keadaan taat atau maksiat? nah.. pertanyaan yang ini tentu kita udah bisa jawab sendiri.
Yang pasti, tidak mungkin ada gelisah jika kita mengingat Allah. Tidak mungkin ada sedih jika kita dekat dengan Allah.  

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah hati menjadi tenang.” (QS ar-Ra’du [13]: 28)

Untuk itulah maka kita perlu sebuah tindak nyata, untuk selalu menyibukkan diri agar senantiasa dalam dzikir kepada Allah. Meskipun kita khawatir ‘belum’ lulus di PTN idaman. Toh jangan segitunya juga ampe bikin kita lupa diri dan hanya berfokus pada kegalauan kita tapi minim berdoa pada Allah. Sekarang bakal gue bagi cerita gue pas masih masa-masanya belum keterima di kampus manapun:

            Dulu, gue tu ikut SNMPTN 2011 Undangan, SNMPTN 2011 Tulis dan SMUT 2011 tapi belum lulus-lulus juga di kedokteran UNLAM. Anehnya ngga Cuma gue yang sedih, temen-temen gue yang pinter-pinter juga belum ada yang lulus. Ini dia gue bingung, kok dari SMAVEN ga ada yang lulus di kedokteran UNLAM. Tapi mereka tetep gigih ngejar kedokteran. Kebetulaan gue ngga dibolehin ortu buat kuliah di luar Kalimantan Selatan. Jadi intinya kalo gue ngga lulus juga di kedokteran UNLAM sampe di jalur terakhir, maka pupuslah sudah impian jadi dokter spesialis kulit. Pokoknya dulu tu gue pengennya jadi dokter, ngapeduli dokter apa yang penting kalo kerja di panggil “dok, dok, kodok” hhaha.

            Pagi itu gue dan ortu memutuskan mendaftar di Akbid Sarimulia dan tes Mandiri di UNLAM. Sebelumnya sih gue nangis-nangis ga pengen jadi bidan dan lebih milih ga kuliah dulu sampe tahun depan nyoba lagi tes masuk PTN untuk kedokteran. Tapi ortu ngasih nasihat kalo model macam gitu model pecundang. Mending kuliah daripada nganggur. Ilmu itu adalah mata uang yang berlaku di manapun. Jangan habiskan tahun ini dengan nganggur Cuma gara-gara kedokteran. Nah masalah ikut tes Mandiri, ga ada buat masuk kedokteran umum—yang ada Cuma kedokteran gigi. Di sini gue pikir gue ngga bakalan lulus. Gue mikirnya ngga mungkin aja lulus, temen-temen gue aja orangnya pinter-pinter sekitar belasan dan nilai/ranking mereka lebih tinggi dari gue ikut SNMPTN Undangan, SNMPTN Tulis dan SMUT daftar kedokteran UNLAM ga lulus dan mereka memutuskan masuk fakultas atau prodi lain. Gue pikir lebih baik gue pasrah aja buat ikut tes mandiri ini. Sekedar untung-untungan. Ga ada belajar!

            Waktu gue ikut tes Akbid, gue mikirnya udah kemana-mana—gue udah ngebayangin rasanya jadi bidan—gue pikir takdir gue ya Cuma bidan. Ampe kebawa mimpi kalo gue dalam keadaan di persalinan anak orang, ya iya lah anak orang masa anak gue. Tes akbid ini ada 3 hari. Hari 1 wawancara, hari 2 akademik, hari 3 psikotes. Selama ngerjain test tu gue ngga nyaman banget! Habisnya dapet tempat duduk DEKET kipas angin dan kipas anginnya tu gede banget, yampun 3 jam ngerjain soal merinding(menggigil) badan gue -__-‘ maklum gue orangnya ngga kuat sama kipas angin, gue kuatnya sama AC doang—biasa, anak gedongan :D *plak*. Saat itu gue mikir, pas belum jadi mahasiswa akbid aja nyiksa kayak gitu (tersiksa karna kipas angin) gimana kalo jadi -__-‘ ya Allaah tabahkanlah hambaaa.

            Waktu tes mandiri kedokteran gigi, hari 1 psikotes, hari 2 akademik. Dua-duanya ngga ada balajar sama sekali -__-‘ yang ada malah nangis di malam sebelum test, mikirin nasib gue gimana kuliah di akbid, mana musti pake celana ngga pake rok, trus musti ketemu kipas angin mulu. Besok-besok mata bengkak sambil jawab soal. Waktu itu teman seperjuangan gue ngeSMS “Ki, semangat ya, moga kita lulus di test mandiri ini. Aamiin.” Gue bales “Aamiin, tapi mel, aku pasrah, aku udah ngga peduli dan ngga belajar lagi buat test besok. Ngambil sekedar untung-untungan aja deh test nya.” Trus Amel bales “iyaa kah kiiii? :’(“ “iya mel :)”

            Beberapa hari berlalu, hari ini pengumuman Akbid, besoknya pengumuman kedokteran gigi. Dengan hati mantap pasti lulus akbid, pasti jadi bidan nih, mustahil lulus mandiri. Dengan melankolisnya gue ngga minat ngeliat pengumuman akbid, alhasil nyokap bokap yang capcus ke kampus akbid periksa gue lulus apa ngga, dengan cacatan—ntar aja daftar ulangnya. He
Jeng-jeng-jeng, nyokap nyari-nyari nama gue di paling bawah kertas kok ngga ada, bepedoman karna nama gue huruf awalnya R, pasti dong urutannya bawah-bawah. “nyari sapa nama anak ibu?” kata seorang pengawas. “Riski Agustin, nomer peserta (lupa) bu.” “oh, ini.” 
Ternyata apa? TERNYATA APA? (sengaja ditegasin biar makin tegang). 
Gue urutan nomer paling atas, atasnya ya yang paling atas -__-‘ yang intinya gue lulus.

          Akhirnya nyokap bokap sampai rumah ngabarin berita mengharukan itu *hiks hiks* jadi bener dah khayalan-khayalan gue sebagai bidan makin menjadi-jadi tak karuan. Besoknya, gue makin males ngeliat pengumuman mandiri kedokteran gigi di rektorat. Yakin banget deh bakal jadi bidan, eyaaa. Ternyataaa, temen gue tiba-tiba SMS “Ki, selamat ya.” “Selamat apa?” “Lulus kedokteran gigi.” “Hah? Serius? Jangan becanda segitu banget.” “Siapa yang becanda, serius, nih gue tag photonya kalo ngga percaya.” Alhasil beneran pengumuman mandiri gue lulus, Amel nge-tag gue lewat foto kelulusan itu di facebook -__-‘ terbang sudah khayalan-khayalan jadi bidan D4 di tempat kemaren. Tapi gue bersyukur bisa lulus di kedokteran gigi dan terhindar dari kipas angin yang gede banget :D

            Tiga hari kemudian, orang akbid nelpon, “Bu, anak ibu belum daftar ulang.” “Iya bu, nanti ya lagi sibuk anak saya ngurus macem-macem.” Ucap my nyokap ke ibu yang dari akbid. Ternyata ada juga yang begituan, maksudnya pake acara ngingetin daftar ulang gitu. Sebenarnya gue lagi ngurus daftar ulang di kedokteran gigi. Trus 2 hari kemudian orang akbidnya  nelpon lagi, sama—ngingetin kalo gue belum daftar ulang—dengan ngga enak hati nyokap minta maaf kalo gue ngga jadi ngambil akbid. Tapi jujur gue jadi ngga enak hati kan, tapi di sisi lain gue jadi terhindar dari kipas angin gede banget. Gue ngga tahan kipas angin—kalo AC gue mau biar sedingin apapun, kalo kipas—OGAH!

            Nah ini dia kisah gue dan segala kegalauan tentang kipas angin *lho?* :D
            Gue Cuma belum dapat :D yang namanya jodoh kan ngga kemana. Emang jodoh ada di mana sih? Pokoknya tetap semangat :) yakin aja impian kamu pasti terwujud meski belum waktunya. Gue paling seneng liat orang yang kerja keras sebisa mungkin meraih mimpi selagi masih ada kesempatan, suatu saat pasti akan terwujud :) meski sekarang ‘belum’ waktunya. Bisa jadi itu terwujud besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan, kita tunggu saja.
          
  Wassalam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari anda menambahkan hal positif bagi Zeki R.A.

Thanks for reading :)

Total Pageviews

ZEKI R.A.. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Small Pencil