Jumat, Januari 11, 2013

Stairs: Kerang Mutiara

Bismillahirrahmaanirrahiim ^_^

Assalamu'alaykum.wr.wb...


   Wah, gimana ya. Saya itu 'terdaftar' sebagai bagian dari anggota KSI itu pas kelas 2 SMA. Berawal dari rasa kagum saya terhadap seseorang yang ngga bisa disebut namanya di sini demi privasi dia. Saya kenal orang itu saat saya ikut Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRNAS) VIII di Yogyakarta mewakili Kal-Sel bersama Kakak kelas saya. 

   Dia itu orangnya baik dan karismatik, mantap leadershipnya juga alim. Orang  yang asli Banda Aceh ini saya kenal saat dia memimpin pembukaan PIRNAS dengan do'a sebagai perwakilan salah satu Siswa SMA yang jadi peserta PIRNAS. Intinya, saya pengen sehebat dia bahkan melebihi dia. Baiklah, jadi sayangnya saya tak pernah aktif dan mau datang acara KSI cuman pas acaranya rame aja--misal bedah film atau yang ada kabaret dan nasyid nya, sedangkan kalo seperti kajian rutin itu maleeeeesss banget. Kenapa? Karena kajian rutin KSI itu sama hari nya dengan praktikum KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) yaitu hari jum'at dan saya itu ketua bidang biologi. Meski beda jam, tapi tetep aja saya sebagai ketua musti nyiapin macem-macem. Yah, namanya zaman 'jahilliah' nya saya, banyaaaaak banget alasan biar kesannya tuh sibuk banget jadi ngga sempat buat ikut kajian KSI. Kadang-kadang saya juga suka nitip-nitip absen. Bahkan di rapot semester 1 saya tidak tertulis ekskul KSI dan KIR, tapi malah PRAMUKA dan KIR yang padahal saya sama sekali bukan anggota PRAMUKA -__-'
Hingga suatu ketika
saya sudah kelas 3, saya mulai menyadari kalau saya lagi butuh banget sama Allah. Saat masa-masa itulah saya jadinya mulai 'ngasih diri' saya kepada Allah semata-mata untuk berkontribusi di KSI Al Furqan SMAN 7 bjm. 

   Saya jadi memutuskan pengen memulai dari awal lagi buat jadi anggota KSI yang bener-bener serius. Alhamdulillah motivasi saya yang sekarang dengan saya yang dulu udah beda, karena saya udah tau khan. Saya udah ngerti. Dan jadilah saya bagian dari KSI Al Furqan.

   Setelah lulus dari SMAN7 bjm dan meraih predikat siswa ter-biologi akhirnya saya masuk kedokteran UNLAM, saya jadinya tetep pengen ikut KSI. Perekrutan ini 'terjadi' pas saya blok 3, wah masih unyu-unyu nya gitu. Pas awal-awal pengen daftar, saya ditanyain di lembar formulir--motivasi saya masuk KSI Asy Syifa itu apa (beserta pertanyaan dan kolom-kolom lain yang musti di isi)? Ya saya jawab: 
"Ingin memberikan kontribusi untuk Islam dengan menolong agama Allah. Sebagai wujud bahwa saya ini umat yang tahu diri. Selama ini Allah selalu beri apa-apa yang saya butuhkan, tetapi kok saya ngga bisa memberikan barang sedikitpun yang saya punya untuk islam. Jadi ya pengen berkontribusi untuk islam, menggandeng umat bersama-sama menuju surga." 

   Nah di acara MLC alias perekrutan pengurus KSI kali ini saya ikut mabit dan kemudian izin buat ikut acara AMAL 1 jam aja, trus cabut ke BEJEEM karna musti nyiapin barang-barang skillab buat senin. Karna mabitnya di Banjarbaru dan Senin saya musti skillab mahkota jaket  di Banjarmasin, huaaaa. 

   Awalnya saya pikir semua KSI itu sama. Saya itu bingung dan ngga ngerti harakah apa harakah apa begituan apalah saya ngga peduli yang penting saya dapat ilmu gitu karena ada dosa tidak mencari tahu khan ya, saya pikir semua KSI itu sama -___-'a Yang ada di SMA7 bjm (KSI Al Furqan) dengan yang di KSI manapun itu 'sama'--KSI ya KSI isinya orang-orang yang visioner dan berilmu dunia akhirat. Ternyata tidak, saya baru aja ngerti kalo KSI Asy Syifa dan KSI Al Furqan itu beda, setelah saya ikut mabit MLC itu. Saat mabit, jadikan tetep tuuh saya ditanya apa motivasi saya masuk KSI. Saya jawab sama dengan yang ada di formulir.
"Ingin memberikan kontribusi untuk Islam dengan menolong agama Allah. Sebagai wujud bahwa saya ini umat yang tahu diri. Selama ini Allah selalu beri apa-apa yang saya butuhkan, tetapi kok saya ngga bisa memberikan barang sedikitpun yang saya punya untuk islam. Jadi ya pengen berkontribusi untuk islam, menggandeng umat bersama-sama menuju surga.
Trus saya ditanya mau masuk departement apa? saya jawab "Kaderisasi". Kata kakak nya kenapa? "Karena saya pernah jadi orang yang di da'wahi oleh teman, yang sebenarnya saya itu sedang ditolong oleh teman saya, saya ditegur teman-teman saya di KSI waktu SMA dulu karena mereka sayang sama saya. Oleh karena itu ka, saya sayang teman-teman saya dan pengen mengupayakan ngajak mereka ke jalan bener lewat proker yang membina mahasiswa di sini jadi kader da'wah yang luar biasa ka."
Trus kakanya tanya lagi "Kalau ternyata ngga di terima di kaderisasi?" saya jawab "karena motivasi saya pengen jadi orang yang berkontribusi untuk agama Allah, dengan cara apapun itu ka, apapun yang ada saya punya saya kasih ka, jadi meski saya ngga di terima jadi pengurus dan cuma anggota pun ngga papa ka, yang penting saya berkontribusi ka. Saya sadar kok saya bukan siapa-siapa jadi saya hanya ingin memantaskan diri ka."
Trus ditanya kakaknya lagi "Kalau ternyata ade masuk departement lain?" Saya jawab "Saya ngga kepikiran ke arah sana sih ka, tapi yang jelas kembali lagi, jadi apapun saya, saya pengen berkontribusi. Sudah gin ka, saya jadi anggota aja gin bulik aja ka lah."
"Hah? Kenapa?" tertawa kakak nya. "Hehe." 

   Wawancara pun berakhir, bener-bener bikin sakit kepala. Melihat perbedaan yang membingungkan ini saya jadi konflik batin selama berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun yang lebih tepatnya selama setahun. Hingga suatu ketika pada blok 5 saya sempat sakit ngga bisa bangun dari tempat tidur cuma mikirin masalah harakah dan perbedaan-perbedaan yang membingungkan ini. Saya ngga ngerti dengan semua ini, ada apa  kenapa jadi begini? Untungnya teman-teman dekat saya di PSKG, terutama sebut saja Isurugi Noe yang ngefans Henry Lau dan sebut saja juga Tsumugi yang ngefans Zayn Malik One Direction bisa menguatkan saya atas konflik batin ini. Makasih ya teman :) semoga kita jadi dokter gigi sukses dunia akhirat aamiin yaa robbal'alamiin.

    Dan kali ini, saya berhadapan dengan MLC lagi :O intinya sama. Prinsip dan motivasi saya bertahan di KSI tetap seperti dulu, saya pengen berkontribusi untuk islam, bagaimanapun keadaan saya :)

Wassalamu'alaykum.wr.wb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari anda menambahkan hal positif bagi Zeki R.A.

Thanks for reading :)

Total Pageviews

ZEKI R.A.. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Small Pencil