Rabu, Oktober 06, 2010

MEMATANGKAN PISANG HIJAU

Bismillahirrahmanirrahimm :)

Pisang dipetik dan dikirimkan dalam keadaan masih hijau, tetapi pisang yang hijau ini tidak layakdimakan. Kalian dapat mematangkannya selama beberapa hari - tetapi apakah benar, kalian tidak boleh menyimpannya di lemari es? Buktikan sendiri !!

Bahan yang diperlukan :
Dua buah pisang yang masih hijau

Yang kamu lakukan :
. simpan sebuah pisang di suatu sudut ruangan
. simpan sebuah pisang lagi di dalam lemari es

Apa yang terjadi?
Dalam beberapa hari, pisang yang disimpan di suatu sudut ruangan berubah warnanya menjadi kuning dan daging buahnya menjadi lunak. Pisang yang disimpan dalam lemari es membususk dan daging buahnya tetap keras.

Mengapa bisa begitu?
Pisang biasanya melepaskan gas etilen agar matang. Di sudut ruangan, zat hijau pada kulit pisang lenyap dan muncullah zat warna kuning (carotin dan flavon). Juga, zat tepung pada pisang berubah menjadi gula dan pectin, yang menahan sel-sel pisang yang keras, terurai. Dengandemikian, daging buah menjadi lunak dan mudah dicerna.

Dalam lemari es, sel-sel pisang rusak dan melepaskan zat warna kuning dan enzim lainnya. Pisang tidak matang dan kulitnya tidak menguning melainkan menghitam.

Pisang yang masak noleh disimpan dalam lemari es. Kulitnya mungkin akan menghitam tetapi daging buahnya tetap enak selama beberapa hari.

Dari : belajar science dg bahan makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari anda menambahkan hal positif bagi Zeki R.A.

Thanks for reading :)

Total Pageviews

ZEKI R.A.. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Small Pencil